Cara Bonsai Pohon Pepaya

  • Bagikan
Bonsai Pepaya menghasilkan buah yang banyak. (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA – Bonsai pohon Pepaya sangat menarik. Selain pohonnya pendek, buahnya juga lebat, dan indah dipandang mata. Sehingga tanaman bonsai Pepaya sangat cocok untuk mempercantik halaman rumah.

“Bonsai Pepaya ini selain indah juga menghasilkan buah yang banyak,” ujar Suparman, penanam Pepaya di wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu 1 Desember 2021.

Cara membonsi Pepaya cukup mudah. Pertama, saat tanaman Pepaya berusia 1 bulan pangkaslah pada bagian kuncup atau pupus daun paling muda. Tujuan dilakukan pemangkasan ini adalah untuk meningkatkan produktivitas tanaman Pepaya serta menjadikan batangnya menjadi pendek.

Selain itu pemangkasan juga dapat memacu hormon pertumbuhan, pembungaan, dan pembuahan. Jika batang dan daun jadi sedikit, maka hormonnya akan mempercepat tanaman Pepaya berbunga dan berbuah.

Selanjutnya, tunggu kurang lebih 10 hari sampai tunas-tunas baru tumbuh. Setelah tunas tumbuh, potong batang tanaman Pepaya. Sisakan tinggi batang Pepaya kurang lebih 15 cm dari permukaan tanah.

Kemudian biarkan tanaman yang telah dipangkas selama 7 hari atau sampai muncul lagi tunas-tunas yang baru. Setelah masa 7 hari dan tunas telah mulai tumbuh, lakukan penyeleksian tunas.

Pilih satu tunas yang dianggap paling sehat dan paling bagus. Sisanya dipangkas atau dibuang. Dengan hanya menyisakan satu tunas, maka zat makanan hanya mengalir ke satu tunas sehingga pertumbuhan tanaman lebih cepat dan akan menjadi batang pokok.

Pemangkasan juga dapat dilakukan pada tanaman yang sudah tua dan tidak produktif lagi. Sehingga akan tumbuh tunas baru dan dengan tunas muda tersebut tanaman Pepaya akan berproduksi lagi.

Bonsai pohon Pepaya caranya mudah dan hasilnya indah. Selain indah juga hasil buahnya melimpah. Silahkan dicoba. (*)

 

 

Baca Juga:  Perkebunan Kelapa Sawit Serap 16 Juta Tenaga Kerja

 

 

 

 

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *