Pakan Ayam Alami Terbaik

  • Bagikan
Pakan tepung tulang (Foto: 99.co)

YOGYAKARTA – Setidaknya ada 11 jenis pakan ayam yang terbaik, alami, dan bernutrisi tinggi. Pakan ini selain menggemukan ayam, juga menyehatkan dan daging ternaknya sangat layak untuk dikonsumsi.

Ke-11 pakan ayam alami, yakni jagung giling, pelet, dedak atau bekatul, limbah gandum, ubi yang dicincang, tepung tulang, sorgum, bungkil kacang kedelai, tepung ikan, tepung keong atau siput, dan nasi putih.

Jagung yang telah digiling adalah makanan terbaik yang bisa diberikan pada ayam. Kandungan dan nutrisi pada jagung juga sangat menyehatkan bagi ayam. Pada jagung giling, terdapat serat, vitamin C, asam lemak, omega-6, vitamin B, kalium, dan banyak nutrisi lainnya.

Pelet adalah makanan hewan murah yang terbuat dari bahan makanan yang melalui proses penggilingan serta pemadatan. Umumnya pelet digunakan sebagai makanan untuk ikan atau ayam dan sangat diminati oleh peternak ayam karena harganya yang murah.

Pelet untuk ayam terbuat dari berbagai jenis makanan, seperti sayuran, kunyit, dedak, vitamin, tepung ikan, kedelai, jagung, bekatul, dan air bersih.

Pakan yang satu ini sudah sering menjadi andalan para peternak ayam. Dedak berasal dari limbah penggilingan beras putih, bekatul, protein, natrium, dan lemak. Karena gizinya yang kurang lengkap, ada baiknya kamu menyelingi dedak dengan pakan lain agar nutrisi ayam terpenuhi.

Limbah gandum atau pollard berasal dari limbah penggilingan gandum yang berubah menjadi terigu. Pakan ini mengandung serat kasar dan energi metabolisme yang rendah.

Pemberian pakan ini baiknya kamu selingi dengan pakan lain yang kaya akan protein, seperti kedelai, ikan, dan susu.

Ubi yang dicincang, kandungan protein dan serat pada ubi sangatlah tinggi, sehingga cukup menyehatkan bagi ayam. Namun, kamu harus hati-hati ketika memberikan pakan ini karena daun ubi memiliki racun yang berbahaya bagi hewan.

Baca Juga:  Peranakan Etawa Hasilkan Susu dan Anakan

Tepung tulang. Pakan ini terbuat dari tulang ikan dan ayam yang sudah tidak diperlukan lagi oleh peternakan. Tepung tulang memiliki kandungan nutrisi yang besar, seperti fosfor, kalium, natrium, mangan, kalsium, dan magnesium. Salah satu jenis tepung tulang yang baik diberikan pada ayam adalah tepung tulang ikan tuna karena kalsiumnya yang tinggi dan dapat mencegah ayam mengalami pengeroposan tulang.

Pakan ayam sorgum, cantel, batar torjeng, atau cantrik adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Meskipun bernutrisi tinggi, jangan memberikan sorgum berlebihan pada ayam karena dapat membuat pertumbuhan ayam menurun dan mengakibatkan kelainan pada kaki ayam.

Baiknya kombinasikan makanan ini dengan bungkil kedelai agar ayam dapat tumbuh lebih sehat. Bungkil kedelai mengandung 44 hingga 51 persen protein dan asam amino yang sangat tinggi. Namun kamu harus memerhatikan beberapa hal ketika memberikan makanan ini pada ayam. Sebelum memberi bungkil kacang kedelai, jangan lupa untuk mengolahnya terlebih dahulu agar proteinnya dapat tercerna dengan baik oleh ayam.

Pakan ayam tepung ikan. Tepung ikan memiliki kandungan lemak tak jenuh dan dapat membantu reproduksi ayam ternak. Kandungan mineral dan vitamin pada tepung ikan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan ayam.

Tepung keong mas atau siput. Cangkang keong yang telah bersih dapat diolah menjadi tepung lalu berikan sebagai makanan ayam. Memberikan tepung keong mas atau siput pada ayam membuat ayam cepat gemuk dan dapat memenuhi kandungan mineral yang ia perlukan selama tumbuh.

Nasi putih. Untuk ayam aduan, dapat diberikan mereka nasi putih sebagai pakan. Jadikan nasi putih sebagai makanan selingan untuk ayam aduan agar kandungan karbohidrat mereka terpenuhi. (*)

Baca Juga:  Cara Menangkarkan Burung Merak Penghasil Cuan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *