KWT Mekar Sari Menanam Aneka Sayuran

  • Bagikan
KWT Mekar Sari tanam aneka sayuran (Foto: Wiradesa)

NUNUKAN – Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Sari intensif menanam dan merawat aneka sayuran meski mayoritas warga setempat menanam kelapa sawit. KWT Mekar Sari ada di Desa Tabur Lestari, Kecamatan Sei Menggaris, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Di wilayah tersebut sebagian besar masyarakatnya bertani kelapa sawit. Sebab itulah mengapa di daerah tersebut sayuran didatangkan dari luar daerah.

Dengan terbentuknya KWT Mekar Sari pada 20 September 2019, membuat masyarakat terbantu akan kebutuhan sayur. “Di desa kami di wilayah Nunukan, kebanyakan bertani kelapa sawit. Oleh karena itu pasokan sayuran didapat dari luar daerah,” kata Sekretaris KWT Mekar Sari Hidayati Sari, saat dihubungi¬†pada Selasa 29 Juni 2021.

Adapun sayuran yang ditanam, bermacam-macam. Di antaranya kacang panjang, kangkung, bayam, dan tomat. Panen sayuran cukup sebagai kebutuhan dapur mereka.

“Ada berbagai macam sayuran yang kami tanam. Ada kacang panjang, kangkung, bayam, tomat, jagung, gambas, paria, dan lombok,” tuturnya.

Anggota KWT Mekar Sari selalu kompak merawat aneka sayuran (Foto: Wiradesa)

Untuk menjaga tanaman agar tumbuh subur. Mereka membuat jadwal harian untuk perawatan kebun bagi anggota. Setiap hari ada lima orang yang bertugas. Mulai dari menyiram hingga pemupukan.

Apabila panen sayur sudah tiba, mereka akan menjualnya ke pasar dan ke warung-warung. Sisanya mereka bagikan kepada anggota. “Ke warung-warung yang jual sayur. Biasanya mereka sudah pesan dulu, baru kami antar. Kalau ada sisa sayuran baru kami bagikan kepada anggota,” ucapnya. (Syarifuddin)

Baca Juga:  KWT Tuwuh Makmur Manfaatkan Bekas Bangunan Untuk Ketahanan Pangan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *