Kelompok Ternak “Berkah Harjo”: 1 Anggota 10 Domba

  • Bagikan
Kandang domba Kelompok Ternak “Berkah Harjo” di Kalurahan Banjarharjo, Kalibawang, Kulonprogo, Senin (20/5/2024). (Foto: Wiradesa)

KULONPROGO – Bersemangat dan “wani rugi” diperlihatkan para anggota Kelompok Balai Ternak Domba “Berkah Harjo” di Kalurahan Banjarharjo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sudah tiga bulan ini, sejak Februari 2024, sebanyak 25 orang anggota Kelompok “Berkah Harjo” bersemangat ngarit cari rumput untuk pakan domba. Mereka belum mendapatkan hasil dari peliharaan 250 ekor domba, tetapi semangat kerjanya tidak pernah pudar.

Pada 10 Februari 2024, Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) menghibahkan 250 ekor domba kepada peternak di Banjarharjo. Ada 25 orang anggota yang siap ngarit setiap hari untuk pakan domba. Setiap anggota harus mencari rumput untuk pakan 10 ekor domba.

“Syarat menjadi anggota kelompok ternak di sini itu gampang, yang penting siap ngarit setiap hari,” ujar Sabar, warga Padukuhan Padaan Ngasem, kepada Wiradesa.co di Kandang Komunal Kelompok Balai Ternak Domba “Berkah Harjo” Padukuhan Ngrajun, Kalurahan Banjarharjo, Senin 20 Mei 2024.

Kandang domba yang dibangun oleh Baznas tersebut, terdiri dari dua sisi. Sisi kiri untuk kandang pembibitan dan sisi kanan untuk kandang penggemukan. Setiap sisi terdiri dari 25 petak. Sehingga total ada 50 petak dan setiap petak diisi 5 domba.

Setiap anggota kelompok ditugasi untuk mengelola dua petak yang berjejeran atau berhadapan. Sehingga setiap anggota memelihara 10 ekor domba. Jadi setiap hari, para anggota harus ngarit rumput untuk makani 10 ekor domba.

Ketua Kelompok Ternak “Berkah Harjo”, Supardal, berharap para anggota kelompok ternak terus bersemangat ngarit rumput, untuk memenuhi pakan domba peliharaannya. Selain itu juga menjaga kekompakan, kebersamaan, gotong royong, dan saling membantu dalam memelihara domba.

Untuk menjaga kandang domba, para anggota bergiliran untuk piket di malam hari. Setiap malam ada 3 sampai 4 orang yang berjaga di kandang. Sehingga kandang domba yang ada di timur kebun kelengkeng dan duren itu selalu ramai, baik di siang hari maupun malam hari.

Baca Juga:  Budidaya Lebah Lanceng: Satu Rumah Satu Kotak

Lurah Banjarharjo, Susanto, memprogramkan di sisi barat kandang domba kelak menjadi destinasi Wisata Kebun Buah Agro Eduwisata. Kebun buah kelengkeng dan durian itu dikelola oleh Badan Usaha Milik Kalurahan Banjarharjo “Arta Sejahtera”.

Sedangkan di sisi selatan, tidak jauh dari kandang ternak domba juga ada kelompok tani yang memelihara ikan lele. Mereka membesarkan ikan lele dengan sistem bioflok dalam kolam terpal bulat.

Pemerintah Kalurahan Banjarharjo terus mendorong dan memfasilitasi warganya untuk berternak, berkebun, bertani, dan berusaha di bidang apapun guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Pak Lurah berharap warga Kalurahan Banjarharjo hidup rukun, makmur, nyaman, dan sejahtera di desa. (Ono) 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *