Desa Samatan Dirancang Jadi Sentra Tanaman Pisang Cavendish

  • Bagikan
Panen pisang Cavendish di Desa Pademawu, mitra Desa Samatan. (Foto: Wiradesa)

PAMEKASAN – Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, yang terkenal dengan ternak sapi dan tanaman jagungnya, kini dirancang akan menjadi sentra tanaman pisang Cavendish di wilayah Madura. Sekarang Pak Klebun dan para petani sudah mulai menanam bibit pisang dengan varietas Cavendish.

Kepala Desa (Kades) Samatan, H. Muhammad Tamyis, menjadi motor atau penggerak para petani di wilayahnya untuk menanam bibit pisang jenis Cavendish. Karena selain perawatannya mudah, pasarnya juga terbuka dan nilai jualnya cukup tinggi.

“Perawatannya sangat mudah. Kalau musim kemarau diberi air. Pupuknya cukup dengan pupuk organic. Sekali tanam, minimal bisa panen tiga kali,” ujar H. Muhammad Tamyis saat dihubungi Wiradesa, Minggu 18 September 2022.

Panen pertama, jangka waktu maksimal sembilan bulan setelah tanam bibit pisang. Kemudian panen kedua, bisa empat bulan dan seterusnya. Setiap satu tundun atau tandan pisang berisi sekitar 20 kilogram. Sedangkan harga jual kemitraan Rp 13.000 per kilogram.

“Saat ini, kami sudah menanam 4.000 bibit pohon pisang Cavendish di lahan dua hektar. Insyaallah nanti bulan sebelas (November) akan menanam 11.000 bibit di lahan sekitar enam hektar,” jelas Pak Klebun, panggilan Kades di Pulau Madura.

Pak Klebun H. Muhammad Tamyis di area kebun pisang Cavendish. (Foto: Wiradesa)

Untuk pemasarannya, menurut Pak Haji, tidak masalah. Karena sudah ada pengusaha buah, yang siap membeli berapapun hasil buah pisang Cavendish dari Pamekasan, khususnya dari Desa Samatan. Pola bisnisnya hampir sama dengan usaha ternak sapi, yakni kerjasama antara petani, pemerintah desa, dan swasta.

Pisang Cavendish kini cukup populer dan banyak dijual di toko buah dan supermarket. Harganya relatif murah, tetapi manfaatnya sangat tinggi bagi kesehatan tubuh manusia. Buah pisang mengandung kalium yang dapat mencegah kram otot. Juga kaya nutrisi, vitamin A dan C.

Baca Juga:  Perkebunan Kelapa Sawit Serap 16 Juta Tenaga Kerja

Selain itu buah pisang juga mengandung sejumlah mineral, seperti fospor, kalsium, kalium, dan karbohidrat. Dengan berbagai unsur yang dikandungnya, maka pisang Cavendish bagus untuk olehragawan atau atlet, baik untuk diet, dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *