Lima Hal Menarik dari Pisang Cavendish

  • Bagikan
Buah pisang Cavendish. (Foto: Ist)

YOGYAKARTA – Sedikitnya ada lima hal yang menarik dari buah pisang Cavendish. Pisang jenis ini, sekarang menjadi buah pilihan bagi masyarakat dari daerah tropis, seperti Indonesia. Karena selain harganya relatif murah, juga banyak mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Berdasarkan Jurnal Food Chemistry 2016, buah pisang mengandung beberapa senyawa bioaktif, seperti fenolat, karotenoid, amina biogenik, dan pitosterol. Zat-zat ini bermanfaat sebagai antioksidan. Dengan banyaknya kandungan senyawa seperti itu, maka buah pisang sangat bagus bagi kesehatan.

Pisang Cavendish, kalau masih mentah kulitnya berwarna hijau, jika sudah matang berwarna kuning cerah keemasan. Kalau terlalu matang kulitnya muncul bintik-bintik hitam. Bunga pada pohon pisang ini berwarna kuning dan putih yang tumbuh berkelompok di batangnya. Bunga ini menghasilkan buah tanpa ada penyerbukan.

“Sekarang, bibit pisang varietas Cavendish banyak ditanam di Pamekasan Madura,” ujar Imron, petani asal Desa Pademawu, Kecamatan Kretek, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Senin 19 September 2022. Desa ini sekarang menjadi pemasok pisang ke Surabaya dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Lima Fakta Menarik

Pertama, buah pisang Cavendish baik dikonsumsi setelah olahraga. Karena buah ini bagus untuk mengisi bahan bakar bagi otot, jika tubuh sedang aktif. Selain itu, buah pisang juga membantu mengembalikan nutrisi yang hilang saat berolahraga. Membangkitkan energi kembali setelah lelah beraktivitas fisik.

Kedua, harga buah pisang tidak terlalu mahal. Harga pisang Cavendish untuk tiga sampai empat buah sekitar Rp 20.000 di toko buah atau supermarket. Persediaannya cukup banyak, karena banyak petani di Indonesia yang mulai menanam bibit pohon pisang, khas tanaman tropis ini.

Ketiga, buah pisang Canvendish merupakan makanan pokok. Bagi penduduk di wilayah tropis buah pisang sudah dimanfaatkan menjadi makanan pokok. Sehingga permintaan pasar akan selalu ada dan semakin meningkat.

Baca Juga:  Purbalingga Ekspor 750 Kilogram Buncis Per Hari ke Singapura

Keempat, buah pisang cocok untuk menu diet. Pisang Cavendish mengandung karbohidrat dan serat. Selain itu juga mengandung pati resisten yang bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. Pisang yang berwarna hijau semakin banyak karbohidrat dan seratnya.

Kelima, pisang Cavendish bisa menjadi penawar mabuk. Pisang jenis ini kaya akan putasium yang bermanfaat untuk penguatan otot dan memberi kesegaran pada tubuh. Sebelum tidur makan satu pisang maka membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Setelah bangun makan lagi satu buah pisang, membuat tubuh akan lebih segar.

Akhirnya jika ingin sehat dan tidak memerlukan uang banyak, maka konsumsi buah pisang secara rutin. Buah pisang, khususnya jenis Cavendish, mengandung sejumlah senyawa yang menyehatkan bagi tubuh manusia, Silakan mencoba. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *