Cara Menangkarkan Burung Merak Penghasil Cuan

  • Bagikan
Ratusan ekor merak India dengan berbagai jenis. (Foto: Wiradesa)

Mahasvin Farm di Dusun Gebang, Wedomartani, Ngemplak, Sleman berhasil tangkarkan merak India. Ternyata caranya mudah dan menghasilkan cuan yang menggiurkan.

Penangkaran di Dusun Gebang ini, sekarang memiliki ratusan ekor merak India dengan berbagai jenis dan menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

Kesuksesan dari Mahasvin farm tak lepas dari kegigihan dan komitmen pemiliknya Langoso Aswin Putra yang mulai menangkarkan merak dari tahun 2014.

Pemuda Dusun Gebang ini awalnya hanya berternak ayam polandia dan ayam hias lain sebelum akhirnya mulai mengkarkan burung merak.

Pada 2014 Aswin melihat potensi peluang dari menangkarkan merak dan mulai menabung dari hasil ternak ayam polandia untuk membeli sepasang burung merak.

“Saya mulai dari bawah, mengumpulkan uang untuk dibelikan sepasang burung merak India, sekarang sudah ratusan ekor di penangkaran,” terang Aswin kepada wiradesa.co, Selasa 6 Juni 2023.

Penangkaran burung cantik ini sekarang sudah menghasilkan berbagai macam jenis merak India seperti merak biru, merak putih, merak blorok, merak blackshoulder dan merak cameo.

Merak India (Pavo Cristatus) bukan termasuk hewan yang dilindungi jadi tidak perlu surat-surat khusus jika ingin memihara burung cantik ini.

Tidak seperti kerabatnya, merak Jawa/merak hijau (Pavo Muticus)terancam punah dan masuk status hewan dilindungi yang memerlukan izin khusus jika ingin membeli atau pun memeliharnya.

Pangsa pasar burung merak selain dibeli perorangan beberapa kebun binatang dan tempat wisata di Indonesia juga membeli burung cantik ini.

Bagi yang ingin mencari informasi atau belajar tentang penangkaran burung merak bisa langsung mengunjung Mahasvin Farm di Dusun Gebang, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta, atau bisa juga mengunjungi akun media online di Channel youtube 1. Mahasvin institute (Info edukasi) 2.Mahasvin farm official (Info farm) dan Instagram @Mahasvinfarm_official. (Aboe Bakar)

Baca Juga:  Lintang Songo Ajari Santri Ngaji dan Berternak
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *