Cara Membuat Larutan Perangsang Buah

  • Bagikan
Foto: Istimewa

BANTUL – Agar tanaman buah cepat berbuah, maka perlu diberi perangsang larutan. Ada cara membuat larutan untuk merangsang tanaman buah dengan cara sederhana, murah, dan mudah dilakukan.

Munarwan, petani buah di Bantul, menjelaskan untuk membuat larutan, bahan yang diperlukan telur ayam, air kelapa, dan Yakult. “Bahannya mudah, kalau tidak air kelapa bisa diganti dengan Pocari atau Hydrococo,” ujarnya, Selasa 30 November 2021.

Formulasi bahan yang dibutuhkan, telur ayam 2 butir. Ayam apa saja. Air kelapa 1 liter. Bisa diganti Pocari atau Hydrococo. Yakult 2 botol. Jika ingin membuat lebih banyak, tinggal diperbanyak saja, sesuai jumlahnya.

Cara membuat: 2 butir telur ayam dikocok sampai berbuih. Kemudian campurkan 1 liter air kelapa atau Pocari atau Hydro coco yang setara (1 liter). Masukan 2 botol Yakult ke dalam larutan, aduk-aduk hingga merata. Larutan ini harus difermentasi selama 3 hari.

Selanjutnya, masukan ke dalam wadah yang ada ventilasi atau saluran udara. Karena larutan itu menghasilkan gas. “Kami pakai galon yang ditutup plastik erat lalu dilubangi,” jelas Munarman.

Cara pemakaiannya, sediakan tangka spray standar. Isinya sekitar 14 sampai 15 liter air. Masukkan larutan 3 sampai 4 sendok makan per tangki spray. Kemudian semprotkan ke tanaman 5 hari sekali.

Menurut petani buah, larutan itu tahan hujan. Karena telur adalah perekat yang baik.

Bisa dicampur dengan larutan pupuk yang dispray atau disemprot ke daun. Silakan mencoba. Semoga bermanfaat. (*)

Baca Juga:  Peserta Sekolah Jurnalisme Desa Belajar Berkarya dan Berbagi Jurnalisme Pangan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *