Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot

  • Bagikan
Tanaman buah jeruk dalam pot (Foto: Ono/Mandiripangan.com)

YOGYAKARTA – Budidaya tanaman buah dalam pot (tabulampot) kini digemari warga perkotaan, khususnya di Kota Yogyakarta. Karena selain pemeliharaannya mudah dan tidak memerlukan lahan luas, juga membuat lingkungan asri, sejuk, dan indah.

Tanaman buah yang ditanam dalam pot, antara lain jeruk, mangga, belimbing, jambu kristal, jambu air, apokat, durian, anggur, dan kelengkeng. “Sebenarnya semua tanaman buah bisa ditanam dalam pot. Tinggal bagaimana cara pemeliharaannya,” ujar Ir Susilowati Priadi, Ketua Kelompok Tani Naga Asri, Yogyakarta, Jumat (23/10/2020).

Menurut Bu Atik, panggilan akrab Susilowati Priadi, penanam buah dalam pot perlu mengerti cara budidayanya, hama penyakitnya, dan cara membuat tanaman berbuah banyak dan manis. “Kami siap memberi pelatihan jika warga ingin sukses menanam tanaman buah dalam pot,” katanya.

Bu Atik bersama Wawali dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta memperlihatkan tanaman Jambu Madu Deli dalam pot (Foto: Ono/Mandiripangan.com)

Instruktur Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan/Perkotaan Swadaya (P4S) Gladia Mandiri siap melatih warga yang ingin menanam tanaman buah dalam pot. Hanya dengan membayar Rp50.000, peserta akan mendapat pelatihan selama empat jam. Selain itu, peserta juga memperoleh snack, minum, makan siang, dan bibit sayuran serta bibit jambu Dalhari.

Bu Atik membatasi setiap satu angkatan 25 peserta. Karena selain teori juga ada praktek lapangan. “Setiap peserta akan praktek stek okulasi tanaman buah,” jelas Bu Atik. Tempat pelatihannya di rumah Bu Atik Jl. Nogosari Lor 13 Yogyakarta. (Ono)

Baca Juga:  Tiga Keuntungan dari Budidaya Belimbing Bangkok Merah
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *