Berbagi di Saat Pandemi

  • Bagikan

BANTUL – Usaha berbagi antarwarga Padukuhan Manggisan, Kelurahan Baturetno, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, layak diacungi jempol. Mereka berbagi di saat pandemi.

Setiap Jumat selama pandemi Covid-19, warga yang dikoordinir ibu-ibu PKK Manggisan menaruh bungkusan sayur, buah, lauk, dan bumbu dapur di pintu masuk Masjid Al Huda. Warga yang membutuhkan dipersilahkan ambil secukupnya. Gratis. Tidak usah membayar.

“Biasanya setiap Kamis sore, ibu-ibu sudah mengumpulkan sayur-sayuran, buah-buahan, lauk pauk, bumbu dapur, dan kebutuhan rumah tangga dari warga yang ingin berbagi,” ujar Indah Iryani, Jumat 19 Februari 2021.

Selanjutnya berbagai jenis sayuran, seperti kangkung, bayam, timun, gambas, pare, tomat, wortel, kol, sawi, terong, dan kacang panjang dibungkusi dalam plastik. Begitu juga dengan buah dari warga, seperti rambutan, pisang, jeruk, dan mangga.

Selain sayuran dan buah-buahan, juga ada beras dan bumbu dapur, seperti garam, bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan merica. Ada juga lauk pauk, di antaranya tempe, kerupuk, ikan asin, dan telur.

Indahnya saling berbagi di masa pandemi (Foto: Ono/Wiradesa)

Pada Jumat (19/2/2021) pukul 05.00, berbagai bungkusan sayur, buah, lauk, dan bumbu dapur sudah tercenthel di pagar depan Masjid Al Huda. Warga yang membutuhkan mengambil bungkusan yang diperlukan. Biasanya sampai pukul 07.30 bungkusan kebutuhan rumah tangga itu sudah habis dimanfaatkan warga.

“Kulo mendet sayuran, bumbu, lan endok, pak (Saya mengambil sayuran, bumbu dapur, dan telor, pak),” ujar Rigati, warga Karangturi RT 07. Ibu ini mengaku sangat terbantu dengan program Jumat Berkah selama pandemi Covid-19. Karena selama pandemi rumah tangganya sulit untuk memenuhi hidup sehari-hari.

Ibu-ibu PKK Manggisan yang peduli terhadap sesama menamakan aksi berbaginya dengan program Jumat Berkah. Kegiatan simpati ini sangat didukung Kepala Dusun Manggisan Suprihatin dan Lurah Baturetno H Sarjaka.

Baca Juga:  Penyiraman Tanaman Hortikultura dengan Sistem Digital: Bisa Dilaksanakan Kapan dan Dimana Saja

“Kepedulian warga, khususnya ibu-ibu itu harus kita dukung bersama. Karena kebersamaan, saling tolong menolong merupakan nilai kehidupan yang harus kita jaga di Padukuhan Manggisan,” tegas Suprihatin, Kadus Manggisan.

Aksi berbagai Jumat Berkah akan diteruskan dalam situasi dan kondisi apa pun. Para ibu sepakat untuk terus memupuk rasa peduli dan berbagi di antara warga. “Maturnuwun ibu-ibu yang sudah ikhlas berbagi. Semoga menjadi amal ibadah dan mendapat imbalan yang berlebih dari Allah subhanahu wa ta’ala,” ujar Tuginah SPd, Koordinator Jumat Berkah Padukuhan Manggisan.

Berbagi di saat pandemi yang dijalankan ibu-ibu di Padukuhan Manggisan layak dicontoh bagi warga lain. Karena dengan kebersamaan dan saling tolong menolong antarwarga, maka akan meringankan beban hidup yang dihadapi warga masyarakat. (Ono)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *