Tanaman Bunga dan Buah yang Disenangi Lebah Klanceng

  • Bagikan
Tanaman bunga Xanthos Temon yang disenangi lebah klanceng. (Foto: Wiradesa)

SLEMAN – Tanaman bunga Xanthos Temon, Kaliandra, dan Dombeya disukai lebah klanceng. Karena bunganya mengandung nectar, pollen, dan resin. Sehingga pembudidaya lebah, perlu menanam tanaman ini di sekitar tempat budidaya.

Lebah Klanceng sangat menyukai tanaman yang bunganya mengandung nektar, pollen, dan resin. Sangat diharapkan, para pembudidaya lebah harus menjaga vegetasi atau menanam sejumlah tanaman, baik tanaman bunga maupun tanaman buah yang mengandung unsur nectar, pollen, dan resin.

Budidaya lebah klanceng kini menarik perhatian warga di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya. Kebanyakan dari mereka mengupayakan madunya dalam skala rumah tangga atau untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

Seperti yang dilakukan Ibu Maryati, warga Pakisari, Candibinangun, Pakem, Sleman. Dia budidaya lebah klanceng di atap rumah bagian depan. Ada enam kendi gerabah dan dua kotak kayu yang diletakkan di depan rumah.

Warga yang bekerja di Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta ini hampir setiap hari mengonsumsi madu klanceng. “Daripada beli yang belum tentu asli, lebih baik budidaya lebah klanceng sendiri di rumah,” ujar Ibu Maryati, Sabtu 4 September 2021.

Untuk membudidayakan lebah klanceng di rumahnya, Ibu Maryati minta bantuan Wiyono, anggota Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) Handayani Gunungkidul. Medianya tidak memakai kotak kayu, tetapi gerabah berbentuk kendil.

Menurut Wiyono yang tinggal di Tambak Rejo 01/43 Kelurahan Semanu, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul, media untuk budidaya lebah madu bisa pakai kendi atau kendil gerabah. Gerabah berdiameter 24 cm sampai 30 cm. Namun umumnya medianya pakai kotak kayu.

Kotak untuk budidaya lebah madu memakai papan kayu ukuran 12 cm x 12 cm x 30 cm. Tebal papan kayu bisa 1 cm sampai 2 cm. Untuk mendapatkan koloni lebah klanceng, cari di alam liar atau bebas terus dipindah di kotak budidaya. Biasanya ada di bambu-bambu yang sudah lapuk.

Baca Juga:  Kasad Jenderal Dudung Abdurachman Ajak Anggota SMSI Jalankan Fungsi Kewartawanan
Tanaman Kaliandra dan Dombeya juga digemari lebah klanceng. (Foto: Wiradesa)

Jika vegitasi atau tumbuhan bunga dan buahnya rimbun dan bagus, pembudidaya lebah klanceng bisa panen setiap 2 sampai 3 bulan. Tanaman yang digemari lebah, untuk bunga antara lain Air Mata Penganten (AMP), Dombeya, Porana Vollubis, dan Xanthos Temon. Sedangkan untuk buah, Jambu Mete, Kelengkeng, Kaliandra, dan Mangga. (Ono)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *