Minum Jamu Godok Tanaman Ciplukan, Badan Segar Hilangkan Pegal-pegal

  • Bagikan

KEBUMEN – Tanaman ciplukan sering dianggap sebelah mata. Meski termasuk tanaman liar, namun ciplukan memiliki segudang khasiat yang kurang dipahami banyak orang. Padahal ciplukan mudah tumbuh di tegalan, semak, tepi jalan ataupun hutan.

Ciplukan memiliki nama latin Physalis Angulata L. Dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah, Djohariyah (76) menanam tanaman ciplukan. “Wit-witan iki akeh manfaate (tanaman ini banyak manfaatnya),” kata Djohariyah kepada wiradesa.co, Minggu, 11 April 2021.

Djohariyah atau biasa disapa Johar mengaku sudah lanjut usia, terbiasa mengonsumsi tanaman ciplukan. Saat ditemui di rumahnya, RT 2 RW 2, Dukuh Karanggede, Desa Tambakagung, Kecamatan Klirong, Kebumen, dia menceritakan beberapa khasiat yang dirasakan setelah mengonsumsi tanaman ciplukan. “Setelah minum jamu ciplukan, badan terasa enak. Saya tidak pegal-pegal lagi. Tubuh menjadi lebih segar,” imbuhnya.

Menurut Johar, ciplukan dapat dibudidayakan dengan menyemai biji di pot atau polibag. Biji ciplukan akan mengeluarkan tunas dan menjadi besar dengan diberikan pupuk dan disiram secara rutin. Buahnya terbilang unik karena bersembunyi di dalam cangkap dan tertutup daun. Ketika sudah matang buahnya berasa manis.

Ciplukan bikin badan segar dan hilangkan pegal-pegal (Foto: Wiradesa)

Tanaman ciplukan tergolong tanaman yang mudah dibudidayakan dimana saja. Dituturkannya, banyak manfaat dari tanaman ciplukan. Dari mulai daun bisa digunakan untuk jamu. Kemudian buahnya bisa digunakan sebagai camilan. “Anak-anak di sekitar rumah biasanya memakan buahnya sebagai cemilan. Buah rasanya kletis-kletis sehingga enak dikonsumsi,” ujarnya.

Cara membuat jamu dari tanaman ciplukan terbilang mudah. Petiklah tanaman ciplukan secukupnya. Jangan hanya bagian daun tetapi petik sampai ke akar. Setelah itu, jemur dan keringkan terlebih dahulu. “Jemur kira-kira satu hari sudah cukup,” urainya.

Selanjutnya, tanaman ciplukan dicuci bersih. Lalu direbus menggunakan air secukupnya. Tunggu hingga air mendidih. Jamu tanaman ciplukan siap dikonsumsi.

Baca Juga:  Dengan Berhidroponik, Kebutuhan Sayuran Sehat Terpenuhi

Rutin mengonsumsi jamu godok tanaman ciplukan membuat tubuh lebih bugar. Imunitas terjaga. Tanaman ciplukan memang dapat membantu regenerasi dan perbaikan sel dalam tubuh sehingga tubuh tak mudah pegal-pegal. (Nur Anggraeni)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *