Hijaukan Pekarangan Rumah Tanam Sayuran

  • Bagikan
Tutik Sukeri berhasil menghijaukan pekarangan rumah dengan tanam sayuran (Foto: Wiradesa)

KOTA YOGYA – Berawal dari kesukaan menanam, Tutik Sukeri warga RT 02/RW 01 Kelurahan Klitren, Gondukusuman, Kota Yogyakarta, berhasil menghijaukan pekarangan rumah hingga jalan depan rumahnya.

Tutik Sukeri menuturkan, dirinya suka menanam sudah lama. Tetapi baru konsen sejak 4 tahun belakangan ini. “Saya sudah lama menanam kayak gini. Tapi baru fokus sekitar empat tahunan. Kira-kira dari 2016,” katanya saat ditemui Wiradesa.co di kediamannya, pada Sabtu 3 April 2021.

Ada berbagai macam sayuran, buah-buahan, dan tanaman ecoprint yang ditanam Tutik, di antaranya terong putih, tomat, sawi, cabai rawit, bunga kol, kangkung, strawbery, jagung, singkong, hingga daun lanang.

“Awalnya saya senang sayuran, tapi kenal sama orang yang ikut ecoprint, kemudian saya dikasih bibit, disuruh nanam. Ini kan ecoprint jenis daun lanang, kalau yang itu jenis tri dan jarak merah,” katanya, sambil menunjukkan tanaman-tanaman tersebut.

Tomat (Foto: Wiradesa)

Mantan bendahara RW 01 itu menjelaskan, semua yang ditanam hanya untuk kebutuhan pribadi, selebihnya dia berikan kepada tetangga sekitar. Dari kegiatan bertani dia sudah menikmati hasil.

“Ini saya konsumsi pribadi. Kalau ada tetangga yang membutuhkan, saya suruh mengambil saja,” ucapnya.

Untuk perawatan dia tidak muluk-muluk. Hanya menjaga kebutuhan air, kadang memupuknya menggunakan pupuk organik; menggunakan kotoran ternak. Selebihnya dengan mencabuti rerumputan.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat membantu untuk ketahanan pangan. “Alhamdulillah sangat membantu. Dulu saya nanam tomat ceri. Wah banyak yang minta,” jelasnya.

Kemandirian pangan seperti yang dilakukan Tutik Sukeri harus dicontoh oleh masyarakat perkotaan. Terutama di masa seperti saat ini. (Syarifuddin)

Baca Juga:  Dengan Berhidroponik, Kebutuhan Sayuran Sehat Terpenuhi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *