Di Pekarangan Rumah, Bunga Telang Tumbuh Terang

  • Bagikan
Bunga Telang (Foto: Mahpu/mandiripangan.com)

SLEMAN – Sejak tahun 2015, Tri Widarto mulai menanam dan merawat bunga telang. Di pekarangan rumah, bunga telang tumbuh terang.

Memang, pria yang akrab disapa Mas Tri tak hanya menanam bunga telang. Pekarangannya ada beberapa sayur dan buah-buahan. Namun, yang dominan adalah bunga telang.

Mas Tri di rumahnya yang kini dijadikan Kopi Oemah Martani mengatakan, menanam dan merawat bunga telang tidaklah rumit. Kuncinya hanya kemauan. Selebihnya sama seperti merawat tanaman pada umumnya.

Jika musim hujan, bunga telang tidak harus dilakukan penyiraman. Jika musim kemarau, baru harus disiram setiap 2 hari sekali.

“Jarak antar pohon idealnya 1,5 meter. Untuk pemupukan, cukup dilakukan setiap seminggu sekali,” kata Mas Tri di Kopi Oemah Martani, Jl. Cangkringan, Babadan, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY, Minggu, 21 Maret 2021.

Mas Tri di Kopi Oemah Martani menunjukkan bunga telang yang sudah dikeringkan (Foto: Mahpu/mandiripangan.com)

Dia pun mengatakan, jika menanam bunga telang, maka 2-3 bulan pertama sudah bisa memetiknya. Dalam waktu itu, bunga telang yang mekar artinya sudah siap dipetik.

Setelah dipetik, bunga telang bisa langsung dimanfaatkan untuk pewarna makanan maupun minuman. Bila tidak ingin langsung dimanfaatkan, bunga telang terlebih dahulu dikeringkan.

“Jika matahari bagus (tidak mendung), pengeringan bunga telang cukup dijemur dari jam 8-12 siang. Penjemuran ini dilakukan selama 3 hari,” jelas laki-laki lulusan SMK Stembayo 2005 itu.

Bunga telang dikeringkan di bawah sinar matahari (Foto: Mahpu/mandiripangan.com)

Jika sudah tiga hari dijemur, maka bunga telang sudah pasti kering. Artinya, tinggal dikemas untuk segera dipasarkan.

Mas Tri mengemas bunga telang menjadi beberapa bagian. Ada yang 10 gram, 50 gram, 100 gram, dan 1000 gram. “Harga bunga telang dengan berat 10 gram Rp15 ribu. Sedangkan berat 1000 gram Rp1 juta,” pungkasnya. (Ilyas Mahpu)

Baca Juga:  Berkebun Pepaya California: 1000 Pohon Potensi Untung 12 Juta Perbulan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *