Berburu Ikan Gabus dengan Senapan Angin

  • Bagikan
Ikan Gabus hasil buruan Heru Tri Yuwono, warga Padukuhan Ngaran Praneman, Kalurahan Depok, Kapanewon Panjatan, Rabu (5/4/2023). (Foto: Wiradesa)

KULONPROGO – Ikan Gabus atau Ikan Kutuk menjadi buruan pencari ikan di wilayah Panjatan Kulonprogo. Karena jenis ikan air tawar ini selain harganya mahal, khasiatnya juga bagus untuk kesehatan manusia.

Harga ikan Gabus sekarang Rp 65.000 per kilogram. Dibandingkan dengan ikan Lele atau ikan Nila yang sering dikonsumsi masyarakat, harga ikan Gabus jauh lebih tinggi. Sehingga ikan Gabus menjadi target buruan pencari ikan di wilayah Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Heru Tri Yuwono, warga Padukuhan Ngaran Praneman, Kalurahan Depok, Kapanewon Panjatan, mengaku sudah tujuh tahun berburu ikan Gabus. Dengan dibantu adiknya Sapto Wijanarko, mereka mencari ikan dengan berbagai peralatan. Antara lain dengan Susuk dan senapan angin. “Susuk itu perangkap ikan yang terbuat dari bambu,” ujar Heru Tri Yuwono, kepada Wiradesa.co, Rabu 5 April 2023.

Mas Heru mengaku awalnya hanya iseng mencari ikan Gabus. Tapi sekarang sudah menjadi hobi dan menghasilkan uang. Suami Roes Camelia ini mencari ikan Gabus di area persawahan, selokan, dan blumbang di Panjatan dan sekitarnya. Biasanya jika habis panen padi, ikan Gabusnya banyak.

Perburuan ikan Gabus biasanya dimulai di tengah malam. Peralatan yang digunakan, senapan angin yang telah dimodifikasi. Ujung larasnya dipasangi anak panah. Kemudian alat penerangan yang diikatkan di kepala, dan tempat ikan. Jika beruntung, semalam bisa mendapatkan 2 sampai 5 kilogram.

Senapan angin yang diberi anak panah di ujungnya. (Foto: Wiradesa)

Manfaat Ikan Gabus

Ikan Gabus itu tekstur dagingnya halus. Sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Banyak manfaat ikan yang mudah ditemukan di area sungai dan persawahan ini, antara lain membantu proses pemulihan operasi, merawat daya tahan tubuh, mencegah malnutrisi, meningkatkan albumin, dan manjaga keseimbangan cairan tubuh.

Menurut Steemkr.com, ada berbagai macam nutrisi di dalam ikan Gabus yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Nutrisi tersebut adalah protein (25,2 gram), kalori (69 gram), lemak (1,7 gram), zat besi (0,9 miligram), fosfor (76 miligram), kalsium (62 miligram), vitamin A (150 miligram), vitamin B (0,04 miligram), dan air (69 gram).

Baca Juga:  Cemeti Gelar Mini Trip ke Kelompok Pertanian Lumbung Mataram

Dengan berbagai kandungan gizi di atas, makan ikan Gabus memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Terutama bagi anak-anak, ibu hamil, hingga penderita diabetes. Maka bagi penderita diabetes, coba konsumsi ikan Gabus. Semoga cepat sembuh. Kembali hidup sehat. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *